Tuesday, February 27, 2007

masih KERUDUNG belom JILBAB

Postingan ini gw bikin buat nanggepin postingan Mr. Free Willy tentang alesan gw make jilbab. Sebenernya gw belom berjilbab siy, baru kerudung, soalnya kalo jilbab berat banget bro! belom bisa, hehehe.. Gw ceritain dari awal deh ya: ...
Buat temen2 deket gw mungkin jauh sebelom gw beneran make kerudung juga udah denger2 sesumbar bahwa someday gw bakal berkerudung , tapi ga tau pasti kapannya. Kalo Mr. Free Willy termasuk orang yang perhatian sama gw, mungkin juga bakal nyadar kalo penampilan gw, di setiap tingkat sejak masuk kuliah disini juga beda. Tingkat satu rada tomboy, tingkat dua tomboy kefeminim-feminiman, tingkat tiga bak tante-tante, tingkat tiga akhir ... eh, berkerudung.
Perubahan drastis dari tante sexy jadi kerudungan dimulai pas idul adha taun 2006. Waktu itu gw solat ied dan dengerin khotbah yang sedikit banyak bikin gw kesindir. Malemnya, seperti biasa gw, ibu, dan ade gw ngaji Quran. Pas banget surat yang dibaca itu Ar-Rahman, yang didalemnya ada sindiran "Maka, nikmat Tuhan yang mana lagi yang mau kamu dustakan" (banyak lagi, 31 kali). Detik itu juga gw baca terjemah dan gw nangis. Malemnya, gw buka-buka lagi Quran dan nemuin perintah berjilbab di surat An Nur dan Al Ahzab yang terjemahannya gw tulis di comment buat Mr. Free Willy. Printah berjilbab itu ga langsung ditujukan sama perempuannya, tapi sama nabi yang notabenenya adalah seorang suami, ayah, pemimpin perempuan. Dari situ gw kepikiran sama Bapak dan ade gw. Apa mereka ka ikut dosa kalo gw ga menutup aurat. Karena gimanapun, laki-laki itu pemimpinnya perempuan. Jadinya gw yang 'nakal', mereka juga dapet ditanya pertanggungjawaban di hari akhir nanti.
Kenapa baru sekarang Rin? Well, gw juga punya keraguan. Misalnya (standar lah ya..) takut susah nyari kerja, susah nyari jodoh, ga bisa bebas bercanda2. Tapi alhamdulillah, keraguan itu ilang satu per satu, dengan ngeyakinin kalo kerjaan, jodoh, rizki itu yang ngasih ALLAH. Tul ga?!
Pengalaman gw tinggal di tempat yang mayoritasnya non-muslim juga nambah kemantapan gw berkerudung. Pas gw di Bali tuh, awalnya susah banget nemuin makanan halal. Dengan gw make kerudung, orang yang punya restoran kebabi-babian bisa tau kalo gw ga boleh makan disana. Jadi gw aman. Dan lagi, ketika gw digodain, cara ngegodainnya juga beda, bukan disuitin atau dipanggil "Neng, mau kemana?!" tapi "Assalamualaikum, mau solat ya dek..?". Nah, kan.. jadinya gw didoain selamet.
Mudah2an tulisan ini ngasih ilham (cieeeeh..) buat yang dalem hatinya udah ada niat berkerudung. Juga biar gw tambah mantap. Mudah2an ntar gw bisa make jilbab, ga cuma kerudung doang. Doain yah..

1 comment:

Ultimate reader said...

hehe doraemon nangis, katanya kuat,,

oya mon, yang paling penting bukan kerudung atau jilbabnya, tapi bagaimana meng-kerudung-i dan "menutupi hati" kita dengan jilbab yang lebih halus dari sutra kan.

bukan begitu ringo??

lagian susah mon kalo lu make jilbab, paling juga masih sering mikir mesum, jorok, dan berbuat hal yang tidak terpuji lainnya,, kalo udah watak susah dirubah mon,,hehe,,